×
Kerak Telor Dan Sejarah Panjangnya
Kerak Telor dan Sejarah Panjangnya
Kenapa makanan khas dengan bahan baku utama telor dan beras ketan ini bisa menjadi primadona dan lekat dengan masyarakat Betawi dan khususnya Ibukota Jakarta? Ternyata menurut beberapa sumber, Kerak Telor ini sudah ada sejak Jakarta masih bernama Batavia.

Di zaman itu pohon kelapa banyak tumbuh dan dimanfaatkan sebagai bahan masakan oleh warga sekitarnya. Salah satunya menjadi serundeng, pelengkap khas Kerak Telor! Sejarah lain mengatakan, dulu Kerak Telor tercipta secara tidak sengaja. Awalnya ada pesta hajatan penduduk Batavia. Nah, karena memasak telur dalam jumlah banyak dan massal, akhirnya telur tersebut setengah gosong dan menjadi kerak alias menempel di dasar wajan.

Entah karena alasan sayang atau apa, hidangan ini justru diracik sedemikian rupa sehingga menjadi Kerak Telor seperti yang kita kenal sekarang ini.  Cerita punya cerita lainnya, menurut penuturan Huda, seorang penjual Kerak Telor di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) makanan ini warisan kolonial. Dikisahkan salah satu jagoan silat Betawi, Si Pitung pergi ke rumah sanak saudaranya.

Ia dihidangkan telur dadar goreng namun tanpa nasi karena mereka kehabisan beras. Yang tertinggal di dapur adalah kerak nasi yang menempel di dasar kuali. Kemudian Si Pitung pergi ke dapur dan mengambil kerak tersebut untuk dimakannya bersama telur dadar. Jadilah Kerak Telor!
Kuliner
Share :
0 Comments
Memuat...
To TOP
Review Lainnya
Jangan Makan Mie Pakai Nasi
Buat anak kost, mie instan dan nasi adalah paduan sempurna. Bekal terhebat di tanggal tua dan penakluk lapar tengah malam yang mendera. Padahal, kalian tau gak bahayanya makan nasi pakai mie instan? Nah, buruan deh baca di bawah ini artikelnya!Pertama, makan mie instan pakai nasi itu bikin gemuk. Kenapa? Yaelah, pake
Tips Sehat Makan Kerupuk
Siapa bilang kerupuk tidak bermanfaat bagi kesehatan? Banyak makan kerupuk bikin batuk? Iya, segala sesuatu jika berlebihan memang tidak baik, termasuk kerupuk ini. Nah, ikutin deh tipsnya cara makan kerupuk biar tetap sehat!Jangan dimakan malam-malam. Ya, rasa renyah kerupuk atau keripik bisa jadi membuat banyak orang menyukainya. Tapi ingat, kebanyakan kerupuk
Ulat Manis yang Lezat
Liatnya udah geli duluan ya? Sepintas emang ini mirip banget sama ulat dan larva yang banyak dijumpai di pohon-pohon halaman depan rumah. Tapi jangan takut, rasanya manis kok!Semua larva dan ulat ini ternyata adalah manisan yang dibuat oleh seniman makanan di toko The Red Tent Coffee Shop, terletak di pantai timur
×
Konfirmasi Penghapusan
Anda yakin untuk menghapus data ini ?
FACEBOOK
TWITTER
MINDTALK
PINTEREST
GOOGLE +
2AEED0FA
Google Play