×
Kerak Telor Dan Sejarah Panjangnya
Kerak Telor Dan Sejarah Panjangnya
Kenapa makanan khas dengan bahan baku utama telor dan beras ketan ini bisa menjadi primadona dan lekat dengan masyarakat Betawi dan khususnya Ibukota Jakarta? Ternyata menurut beberapa sumber, Kerak Telor ini sudah ada sejak Jakarta masih bernama Batavia.

Di zaman itu pohon kelapa banyak tumbuh dan dimanfaatkan sebagai bahan masakan oleh warga sekitarnya. Salah satunya menjadi serundeng, pelengkap khas Kerak Telor! Sejarah lain mengatakan, dulu Kerak Telor tercipta secara tidak sengaja. Awalnya ada pesta hajatan penduduk Batavia. Nah, karena memasak telur dalam jumlah banyak dan massal, akhirnya telur tersebut setengah gosong dan menjadi kerak alias menempel di dasar wajan.

Entah karena alasan sayang atau apa, hidangan ini justru diracik sedemikian rupa sehingga menjadi Kerak Telor seperti yang kita kenal sekarang ini.  Cerita punya cerita lainnya, menurut penuturan Huda, seorang penjual Kerak Telor di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) makanan ini warisan kolonial. Dikisahkan salah satu jagoan silat Betawi, Si Pitung pergi ke rumah sanak saudaranya.

Ia dihidangkan telur dadar goreng namun tanpa nasi karena mereka kehabisan beras. Yang tertinggal di dapur adalah kerak nasi yang menempel di dasar kuali. Kemudian Si Pitung pergi ke dapur dan mengambil kerak tersebut untuk dimakannya bersama telur dadar. Jadilah Kerak Telor!
Kuliner
Share :
0 Comments
Memuat...
To TOP
Review Lainnya
Sakit Maag Siasati Sahur Dengan Cara Ini
Buat penderita sakit maag, momen puasa kadang menyedihkan karena bisa terlewat kalau maagnya kambuh. Coba deh dengan cara ini, semoga kamu masih bisa menikmati puasa dengan lebih menyenangkan. Sakit maag kumat biasanya dimulai dengan naiknya kadar asam lambung. Sehingga, salah satu cara ampuhnya adalah bisa mengonsumsi obat anti asam lambung 30 menit sebelum
Ini Sebabnya Buka Puasa Gak Boleh Rakus
Takjil siap. Nasi padang rendang juga dah siap. Es teh manis pun ada. Kolak pisang dari ibu kost siap. Buah kurma dari mesjid depan tempat kost juga telah tersedia. Tinggal nunggu beduk, doa, langsung hajar! Eh tapi Bro, yakin semua dihabisin langsung tuh? Mmm.. Bukan masalah kuat makan sih, tapi lebih kepada
Coba Makan Ini Pas Sahur Dijamin Kenyang Seharian
Porsi sedang tapi bisa bikin kita kenyang seharian! Gak percaya? Coba santap menu ini. Selain sehat, menu ini juga masih cocok sama lidah orang Indonesia dan kantong anak kost-kostan!Pasta! Emang sih gak semua suka pasta, tapi anggep aja kayak makaroni atau mie instan lah! Makanan olahan ini dibuat dari campuran tepung terigu,
×
Konfirmasi Penghapusan
Anda yakin untuk menghapus data ini ?
FACEBOOK
TWITTER
MINDTALK
PINTEREST
GOOGLE +
2AEED0FA
Google Play